Home > Uncategorized > PRINSIP-PRINSIP HIDUP

PRINSIP-PRINSIP HIDUP

Beberapa dedade ini kita melihat berbagai hidup yang menghasilkan berbagai tindakan manusia yang begitu beragam. Prinsip hidup yang dianut dan diyakini itu telah menciptakan berbagai  tipe pemikiran dengan tujuan masing-masing. Setiap orang terbentuk sesuai dengan prinsip yang dianutnya. Hasilnya bisa dianggap hebat, mengerikan, bahkan menyedikan.

Dijepang ada budaya harakiri,takala seorang merasa bersalah atau putus asa. Ia akan menusukan pedang katana dan merobek bagian lambungnya kemudian mati perlahan. Jembatan golden gate  disan fransisco adalah tempat bunuh diri yang paling pupoleh di amerika serikat yang begitu menggumkan paham kapitalitas, sementara uni soviet runtuh karena menganut paham komunisme.

Paham peter drucker dalam bukunya ”management by objective” ternyata hanya menghasilkan budak-budak materialis dibidang ekonomi, efisiensi, dan teknologi tetapi hatinya kekeringaan dan tidak memiliki ketentraman batin, ada sesuatu yang hilang. Lalu muncullah aliran thaoisme yang mengagumkan ketenteraman dan seimbangan batin, tetapi menghasilkan manusia-manusia yang lari dari tanggung jawab ekonomi. Pemikiran dalecarnagie yang sangat mementingkan arti sebuah penghargaan begitu mempengaruhi jutaan orang didunia dalam bertindak laku, namun masih belum menyentuh sisi terdalam  dari inti pemikiran,dan hasilnya adalah mendewakan penghargaan.

Prinsip  ubber alles atau ras yang tertinggi dan prinsip biefl its biefl atau perintah adalah perintah yang terlalu dikumandangkan oleh jenderal besar nazi dan dipegang teguh oleh tentara nazi jerman pada perang dunia 2 memang berhasil membuat jerman begitu perkasa saat itu. Sebagian daratan eropa dikuasai dalam waktu lelatif singkat dengan dimualinya pertempuran polandia tahun 1936. namun akhirnya, sejarah mencatat nazi jerman ambruk dan hitler mati bunuh diri. Cerita klasik romeo dan juliet yang mati bunuh diri bersama hanya karena cinta, yang memudian banyak ditiru oleh remaja didunia. Bangsa yahudi berkeyakinan bahwa merekalah bangsa pilihan tuhan dimuka bumi ini. Sehingga bangsa itu berupaya sungguh-sungguh membuktikannya berusaha mengusai dunia dengan sekuat-kuatanya, senator-senator berpengaruh diamerika serikat banyak yang berasal dari kaum ini. Politikus, ilmuwan, bahkan pengusaha kaliber dunia banyak dilahirkan dari bangsa yahudi, seperti henry kissinger, albert einstein dll ,yang pernah menguncang dunia saat itu. Sumpah palapah dari gajah mada adalah prinsip yang telah terbukti keberhasilannya pada zaman kerajaan majapahit untuk menyatuhkan nusantara kala itu. Budaya jawa pun sangat kaya dengan prinsip hidup seperti alon-alon asal kelakon, mongan ora mangan sing penting ngumpul, sangat berpengaruh pada sikap sebagian orang jawa. Dan masih banyak lagi prinsip lain contonya prinsip ekonomi, dasar negara, prinsip hidup dll.

Prinsip-prinsip buatan manusia itu sebenarnya adalah suatu upaya pencarian dan coba-coba manusia untuk menemukan arti hidup yang sebenarnya, mereka umumnya hanya memandang suatu tujuan dari sebelah sisi saja dan tidak menyeluruh, sehingga akhirnya menciptakan suatu ketidak seimbangan, meskipun pada akhirnya keseimbangan alam telah terbukti menghempaskan mereka kembali. Mereka biasanya merasa paling benar, tanpa menyadari bahwa sisi lain dari lingkunganya yang juga memiliki prinsip yang berbeda dengan dirinya. Hanya berprinsip pada suatu yang abadilah yang akan membawa manusia kearah kebahagiaan yang hakiki. Berprinsip dan berpegang  pada sesuatu yang lebih niscaya akan menghasilakan sesuatu yang labil pula dan baik pula,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,.

Sumber : ESQ

” Hindari Selalu Berprasangka  Buruk, Upayakan Berprasangka Baik Kepada Orang Lain”

” Berprinsiplah Selalu Kepada Allah Yang Maha Abadi ”

” Bebaskan Diri Dari Pengalaman Pengalaman Yang Membelenggu Fikirlah Merdeka”

” Dengarkan Suara Hati, Peganglah Prinsip ” KARENA ALLAH ” Berpikir Luaslah Sebelum Menentukan  Kepentingan Dan Prioritas ”

” Lihatlah Semua Sudut Pandang Secara Bijaksana Berdasarkan Suara-Suara Hati Yang Bersumber Dari ASMAUL HUSNA ”

” Periksa Pikiran Anda Terlebih Dahulu Sebelum Menilai Segala Sesuatu, Jangan Melihat Sesuatu Karena Pikiran Anda, Tetapi Lihatlah Sesuatu Karena Apa Adanya ”

” Ingatlah Bahwa Segala Ilmu Pengetahuan Adalah Bersumber Dari Allah SWT ”

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: